LAPORAN KARYA WISATA KE PULAU BALI

LAPORAN KARYA WISATA KE PULAU BALI




BAB I
PENDAHULUAN


A. Alasan Pemilihan Judul

Sesuai dengan data-data yang terkumpul, maka penulis mengambil judul “LAPORAN KARYA WISATA KE PULAU BALI”. Adapun alasan pemilihan judul tersebut adalah :
1. Penulis ingin menyampaikan kepada pembaca mengenai Objek Wisata khususnya di Bali.
2. Memperluas pengalaman dari wisata yang dilakukan.
3. Memberitahukan kepada pembaca tentang keelokan Pulau Dewata.

B. Tujuan Penyusunan

Di dalam menyusun laporan ini penulis mempunyai tujuan antara lain :
1. Menggunakan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
2. Penulis dan pembaca memiliki pengetahuan tentang kepariwisataan.
3. Penulis maupun pembaca memiliki sikap menghargai terhadap lingkungan hidup, nilai budaya bangsa, sejarah perjuangan bangsa dan memelihara keseimbangan kesegaran jasmani dan rohani dalam rangka upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia.
4. Dapat mengenal dan menghayati makna wawasan Nusantara, memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan, serta dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta terhadap Tanah Air.
5. Menyalurkan bakat, minat serta kemampuan siswa, sehingga dapat mempercepat proses pertumbuhan sikap mandiri dalam rangka mengembangkan kemampuan siswa mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi.

C. Metode Pengumpulan Data

1. Metode Observasi Data
Yaitu suatu metode pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan secara langsung pada objek-objek yang ada di Pulau Bali.
2. Metode Studi Pustaka
Yaitu suatu metode pengumpulan data dengan mencari bahan-bahan acuan atau referensi dari buku dab dari media elektronik (internet).


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :


125.50 KB

Baca Selengkapnya ...

KARYA WISATA DI MUSEUM IPTEK

KARYA WISATA DI MUSEUM IPTEK





BAB I
PENDAHULUAN



1.1 LATAR BELAKANG MASALAH

Pelaksanaan kegiatan karya wisata adalah salah satu bentuk pembelajaran sebagai pengetahuan penambah ilmu pengetahuan di luar sekolah yang wajib diikuti oleh semua siswa dalam analisis terhadap karya tulis kami, kami mencoba menggugah kesadaran dan wawasan terhadap lingkungan sekitar melalui penafsiran dan persepsi dari berbagai karya wisata secara memadai. Adapun sebagai latar belakang masalah pelaksanaan kegiatan karya wisata tersebut adalah :

A. PROGRAM TAHUNAN OSIS

Program tahunan OSIS yang harus dilaksanakan di luar sekolah setiap tahun sekali, yang wajib diikuti siswa untuk menunjang dan pelengkap kegiatan pembelajaran secara teori maupun praktik, sehingga semua siswa dapat mengetahui lebih banyak tentang ilmu pengetahuan. Karena dengan itu semua siswa tidak akan merusak lingkungan.

B. MINAT SISWA

Selain program tahunan OSIS, juga minat siswa-siswi yang ingin belajar tentang wisata-wisata yang ada di Indonesia, karena wisata di Indonesia sangat beragam dan unik untuk dikunjungi. Selain pelajaran, siswa mendapat wawasan yang lebih, tentang wisata Indonesia.

C. PENGEMBANGAN SISWA

Program tahunan OSIS diselenggarakan untuk mengenal siswa-siswi dengan alam sekitar. Dengan adanya program ini siswa mendapat manfaat banyak. Diantaranya :
1. Mengembangkan daya pikir siswa terhadap alam sekitar.
2. Menghilangkan kejenuhan di dalam diri siswa terhadap pelajaran.
3. Menambah ilmu pengetahuan dan wawasan siswa.

1.2 ALASAN PEMILIHAN TOPIK

Objek wisata di Jakarta yang kami kunjungi adalah Museum IPTEK yang menjadi tujuan objek pelaksanaan kegiatan karya wisata dan digunakan sebagai penyusun laporan. Beberapa alas an siswa SMP 2 Undaan memilih Museum IPTEK yaitu :
۞ Topik tersebut diharapkan siswa dapat mengetahui sejarah di objek wisata Museum IPTEK yang terletak di Jakarta Timur.
۞ Siswa dapat mengetahui social budaya, karena social budaya sangat berpengaruh bagi kehidupan yang akan dating.
۞ Siswa dapat mengetahui secara langsung hal-hal yang menarik dan langka di objek wisata.
۞ Siswa dapat mengetahui kota-kota yang dilalui selama perjalanan mulai dari Kudus wilayah (Jawa Tengah) menuju ke kota Metropolitan (Jakarta)
۞ Siswa dapat menikmati makanan khas “Peyem Jakarta”.
۞ Siswa dapat berpariwisata sambil berkarya dengan membuat karya tulis.
۞ Siswa dapat mempererat persahabatan.

1.3 SISTEMATIKA PENULISAN

Penulisan laporan kegiatan karya wisata dengan menggunakan sistematika penulisan sebagai berikut :
۞ BAB I PENDAHULUAN dengan rincian (Latar Belakang Masalah, Alasan Pemilihan Topik dan Sistematika Penulisan).
۞ BAB II ISI LAPORAN yang berisi tentang persiapan kegiatan dengan rincian ( Menentukan Pelaksanaan Kegiatan, Membentuk Kepanitiaan, Persiapan Administrasi). Dan berisi tentang Paparan Objek Wisata Museum IPTEK dengan rincian (Lokasi, Pengelola, dan Penanggung Jawab, Kondisi, Paparan Hasil Pengamatan).
۞ BAB III PENUTUP terdiri dari : Simpulan dan Saran.
۞ Hasil Laporan dilengkapi Daftar Pustaka, Lampiran-lampiran yang lainnya.

mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :


81.0 KB

Baca Selengkapnya ...

MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH





BAB I PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Sekolah adalah salah satu dari Tripusat pendidikan yang dituntut untuk mampu menjadikan output yang unggul, mengutip pendapat Gorton tentang sekolah ia mengemukakan, bahwa sekolah adalah suatu sistem organisasi, di mana terdapat sejumlah orang yang bekerja sama dalam rangka mencapai tujuan sekolah yang dikenal sebagai tujuan instruksional.
Desain organisasi sekolah adalah di dalamnya terdapat tim administrasi sekolah yang terdiri dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam rangka mencapai tujuan oranisasi.
MBS terlahir dengan beberapa nama yang berbeda, yaitu tata kelola berbasis sekolah (school-based governance), manajemen mandiri sekolah (school self-manegement), dan bahkan juga dikenal dengan school site management atau manajemen yang bermarkas di sekolah.
Istilah-istilah tersebut memang mempunyai pengertian dengan penekanan yang sedikit berbeda. Namun, nama-nama tersebut memiliki roh yang sama, yakni sekolah diharapkan dapat menjadi lebih otonom dalam pelaksanaan manajemen sekolahnya, khususnya dalam penggunakaan 3M-nya, yakni man, money, dan material.
Penyerahan otonomi dalam pengelolaan sekolah ini diberikan tidak lain dan tidak bukan adalah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu, maka Direktorat Pembinaan SMP menamakan MBS sebagai Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). Tujuan utama adalah untuk mengembangkan rosedur kebijakan sekolah, memecahkan masalah-masalah umum, memanfaatkan semua potensi individu yang tergabung dalam tim tersebut. Sehingga sekolah selain dapat mencetak orang yang cerdas serta emosional tinggi, juga dapat mempersiapkan tenaga-tenaga pembangunan. Oleh karena itu perlu diketahui pandangan filosofis tentang hakekat sekolah dan masyarakat dalam kehidupan kita. sekolah adalah bagian yang integral dari masyarakat, ia bukan merupakan lembaga yang terpisah dari masyarakat, hak hidup dan kelangsungan hidup sekolah bergantung pada masyarakat, sekolah adlah lembaga sosial yang berfungsi untuk melayani anggota2 masyarakat dalam bidang pendidikan, kemajuan sekolah dan masyarkat saling berkolerasi, keduanya saling membutuhkan, Masyarakat adalah pemilik sekolah, sekolah ada karena masyarakat memerlukannya.

1.2 Batasan masalah :
۞ Apa itu Manajemen Sekolah
۞ Apa yang dimaksud dengan manajemen berbasis sekolah (MBS)
۞ Apa manfaat manajemen berbasis sekolah (MBS)
۞ Apa Pengaruh penerapan MBS terhadap kewenangan pemerintah pusat (Depdiknas), dinas pendidikan daerah, dan dewan sekolah?
۞ Apa Syarat Penerapan manajemen berbasis sekolah (MBS)
۞ Apa karakteristik manajemen berbasis sekolah (MBS)
۞ Manajemen berbasis sekolah (MBS) sebagai proses Pemberdayaan


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :


109.57 KB
Baca Selengkapnya ...

HOLIDAY IN BALI

HOLIDAY IN BALI



Last year, I went to Bali, we left from home 7 AM. We gathered at school at 9 AM. After thet we went to Bali by Bus, I and friends sang song and laugh together in the bus, we arrived in Gilimanuk har bour at 12 PM. When we arrived take a rest and had breakfast. After that in Tanah Lot we saw beautiful panoramas, took picture and there are so many unique souvenirs the are statues, nek laces and etc.
From Tanah Lot, we continued our trip to DARMADI Hotel. We looked for our each room we look rest in hotel, because we had to continue trip in JOGER, there were many things, there were unique and interesting. From JOGER we returned to Hotel again. At the night we took a walk around hotel to look for food, we also went to Kuta beach on foot because Kuta beach 15 near from hotel.
We come back hotel at 8. PM in the hotel we sleep, in the morning we and breakfast. From hotel we went to traditional market in Sukowati, we chargest t-shirt, statues, necklaces and and etc. From Sukowati we went to beautiful beach in Sanur. After that we went to KRESNA shop, and we went to SANGEH place live monkey and we in Sangeh took a rest and eat. There we went to Bedugul is beautiful, a last lake in fine center of hills very spectacular, we a scend boat inside across other hill after we having fun we come back to the bus and continued our travel to back home.
In the street share each story about every things and places we visited. At Ketapang Harbour we prayed dzuhur and having eat. When the strip time ready. We acrossed to Java Island is ready tired traveling was very impressed.

download filenya di bawah ini :


9.12 KB
Baca Selengkapnya ...

MANAJEMEN RESIKO

MANAJEMEN RESIKO


Setiap membuat keputusan, kita memutuskan untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. Keduanya membawa konsekuensi resiko. Namun demikian kemudian terdapat pertanyaan apakah bedanya resiko dan ketidakpastian. Bramantyo (2008) memberikan definisi bahwa resiko merupakan keadaan adanya ketidakpastian dan tingkat ketidakpastiannya terukur secara kuantitatif. Sedangkan ketidakpastian sering diartikan dengan keadaan di mana ada beberapa kemungkinan kejadian dan setiap kejadian akan menyebabkan hasil yang berbeda. Tetapi, tingkat kemungkinan atau probabilitas kejadian itu sendiri tidak diketahui secara kuantitatif. Perbandingan antara resiko dengan ketidakpastian tersebut dapat dilihat pada tabel berikut.






ResikoKetidakpastian
· Ukuran kuantitas (quantity subject) ukuran empiris.· Jenis subyek yang tidak kuantitatif
· Dapat mengukur kemungkinan nilai suatu kejadian dengan fluktuasinya.· Tidak dapat mengukur fluktuasi dengan probabilitas
· Ada data pendukung (pengetahuan) mengenai kemungkinan kejadian· Tidak ada data pendukung mengukur kemungkinan kejadian
· Unknown but unqualified outcomes· Unknown and unquantified outcomes

Kenaikan SPP misalnya, dapat mempengaruhi keputusan calon siswa dalam memilih sebuah sekolah/madrasah. Jika SPP dinaikkan sekolah/madrasah berharap akan dapat membiayai lebih banyak program unggulan, namun demikian jika tidak diantisipasi dan tidak membandingkan dengan lingkungan kompetitif maka akan dapat menurunkan perolehan siswa, yang tentu pada akhirnya akan dapat mempengaruhi pencapaian tujuan sekolah/madrasah tersebut. Namun demikian jika SPP diturunkan juga akan memunculkan resiko, baik itu resiko keuangan dengan menurunnya sekolah/madrasah dalam pengadaan asset, maupun resiko reputasi, yaitu menurunnya reputasi sekolah/madrasah tersebut.
Perubahan kurikulum tentu juga memiliki resiko operasional. Perubahan kurikulum akan memiliki resiko yang berkaitan dengan proses merancang pembelajaran, pengimplementasiannya dalam strategi pembelajaran sampai dengan melaksanakan proses evaluasi pembelajaran. Jika resiko ini tidak diantisipasi bukan hanya tujuan kurikulumnya yang tidak tercapai tetapi juga akan berpengaruh terhadap proses manajemen yang ada di sekolah/madrasah tersebut. Misalnya proses pembelajaran yang menggunakan laboratorium bahasa sebagai sebuah standar pelaksanaan dalam suatu mata pelajaran, maka sekolah/madrasah tersebut harus mengatur penggunaan laboratorium bagi kelas-kelas yang akan menempuh mata pelajaran tersebut. Proses mengatur penggunaan laboratorium adalah perubahan kurikulum.
Pada akhirnya, perubahan kurikulum yang dilakukan di suatu sekolah/madrasah kemudian harus diikuti oleh berbagai perubahan-perubahan yang lain di sekolah/madrasah tersebut. Berbagai perubahan tersebut pada akhirnya akan merubah citra orang terhadap sekolah/madrasah tersebut. Di dalam citra tersebut, reputasi sebuah lembaga terbangun dalam pandangan orang luar terhadap sekolah/madrasah. Proses manajemen resiko tersebut dapat ditulis dengan menggunakan tabel di bawah ini.


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :


48.48 KB

Baca Selengkapnya ...

MAKALAH HAKIKAT MANUSIA DALAM ISLAM

HAKIKAT MANUSIA DALAM ISLAM





KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah- Nya sehingga kami dapat menyelesaikan pengerjaan makalah mata kuliah Pendidikan Agama Islam tentang Hakikat Manusia Dalam Islam.
Pada kesempatan ini, penyusun mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ulin Nuha selaku dosen pengajar mata kuliah Pendidikan Agama Islam dan semua pihak yang kiranya telah membantu penyusun dalam menyelesaikan makalah ini.
Makalah yang berjudul Hakikat Manusia Dalam Islam ini memuat materi dan beberapa uraian yang memiliki korelasi penting tentang hakikat terciptanya makhluk hidup khususnya manusia dilihat dari sudut pandang atau perspektif Islam.
Penyusun menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penyusun sangat mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca.
Semoga makalah ini dapat memberi manfaat kepada kami dan pembaca untuk kabahagiaan dunia dan akhirat. Amin



Penyusun


DAFTAR ISI



HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah

BAB II PEMBAHASAN
A. Siapa sebenarnya manusia itu?
B. Untuk apa manusia diciptakan?
C. Apa tugas manusia di bumi?

BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :


49.26 KB
Baca Selengkapnya ...

MAKALAH PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE

PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE




BAB I
PENDAHULUAN




A. Latar Belakang

Suatu titik terang yang bermula pada suatu kesederhanaan pada kehidupan manusia, telah menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan bernama TEKNOLOGI. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Konsumsi masyarakat akan teknologi menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat dekat dan tanpa jarak.
Awalnya, teknologi diciptakan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Lahir dari pemikiran manusia yang berusaha untuk mempermudah kegiatan-kegiatannya yang kemudian diterapkan dalam kehidupan. Kini teknologi telah berkembang pesat dan semakin maju seiring dengan perkembangan zaman sehingga terjadi pengalihan fungsi teknologi. Contohnya pada salah satu fasilitas canggih pada masa ini yang akan kami bahas yaitu mengenai telepon genggam yang lebih dikenal dengan sebutan handphone.
Beberapa tahun yang lalu handphone hanya dimiliki oleh kalangan pembisnis yang memang benar-benar membutuhkan itu untuk kelancaran pekerjaannya. Seiring berjalannya waktu handphone bisa dimiliki oleh semua kalangan. Baik yang sangat membutuhkan maupun yang kurang membutuhkan. Karena sekarang handphone di lengkapi dengan beberapa fitur yang membuat handphone memiliki beberapa fungsi selain menelepon atau saling berkirim pesan singkat. Handphone kini bukan lagi sekadar alat untuk berkomunikasi. Namun juga sebagai gaya hidup, penampilan, tren dan prestise.
Kini dunia handphone adalah dunia untuk berkomunikasi, berbagi, mencipta dan menghibur dengan suara, tulisan, gambar, musik dan video. Disamping harga yang ditawarkan cukup terjangkau, berbagai fitur handphone juga diberikan sebagai penunjang majunya teknologi. Dengan semakin berkembangnya teknologi, perangkat Handphone semakin lengkap mulai dari Game, Mp3, Kamera, Radio, dan koneksi Internet.
Bahkan sekarang muncul teknologi baru untuk melengkapi komponen yaitu 3G. Dimana generasi ini telah merambah ke layanan internet secara Wireless. Teknologi ini telah merambah ke akses secara permanent Web, Video interaktif, dengan kualitas suara yang sangat baik sekualitas CD Audio Player hingga ke teknologi kamera video yang diintegrasikan dalam telepon seluller.
Di kalangan remaja menggunakan handphone sebagai alat multi fungsi karena multi fungsi tersebut para remaja dapat menggunakan secara positif dan negatif tergantung dari tiap individu.
Contoh positif dari penggunaan handphone oleh remaja:
1. Mempermudah berkomunikasi untuk menyambung silaturahmi (pesan dan telepon).
2. Sarana untuk mencari kebutuhan informasi (internet).
3. Membantu proses pembelajaran.
4. Sarana untuk hiburan (permainan, audio, video).

Contoh negatif dari penggunaan handphone oleh remaja:
1. Sebagai alat untuk menyimpan hal-hal yang mengandung asusila.
2. Sebagai sarana untuk saling berlomba menunjukkan prestise.
3. Penggunaan tidak sesuai dengan kondisi. Misalnya saat proses belajar mengajar sedang berlangsung menggunakan handphone untuk sms-an dengan pacar.


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :


Baca Selengkapnya ...

ARTIKEL SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN

SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN



Karburator



Bendix-Technico (Stromberg) 1-barrel downdraft carburetor model BXUV-3

Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam mobil tua atau khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil stock. Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi. Mayoritas motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah, namun pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar.

Sejarah

Karburator pertama kali ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885 dan dipatenkan pada tahun 1886. Pada tahun 1893 insinyur kebangsaan Hungaria bernama János Csonka dan Donát Bánki juga mendesain alat yang serupa. Adalah Frederick William Lanchester dari Birmingham, Inggris yang pertama kali bereksperimen menggunakan karburator pada mobil. Pada tahun 1896 Frederick dan saudaranya membangun mobil pertama yang menggunakan bahan bakar bensin di Inggris, bersilinder tunggal bertenaga 5 hp (4 kW), dan merupakan mesin pembakaran dalam (internal combution). Tidak puas dengan hasil akhir yang didapat, terutama karena kecilnya tenaga yang dihasilkan, mereka membangun ulang mesin tersebut, kali ini mereka menggunakan dua silinder horisontal dan juga mendisain ulang karburator mereka. Kali ini mobil mereka mampu menyelesaikan tur sepanjang 1.000 mil (1600 km) pada tahun 1900. Hal ini merupakan langkah maju penggunaan karburator dalam bidang otomotif
Karburator umum digunakan untuk mobil berhahan bakar bensin sampai akhir 1980-an. Setelah banyak kontrol elektronik digunakan pada mobil, penggunaan karburator mulai digantikan oleh sistem injeksi bahan bakar karena lebih mudah terintegrasi dengan sistem yang lain untuk mencapai efisiensi bahan bakar.


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :


16.39 MB
Baca Selengkapnya ...

Surat Lamaran Kerja (Office Boy)

Kudus, 13 Desember 2010

Lamp : 4 (Empat lembar) Kepada Yth.
Hal : Lamaran Pekerjaan ANUGERAH SEJAHTERA
di
Tempat


Dengan hormat,
Yang bertanda rangan di bawah ini,
Nama : Hanamichi
Tempat / Tgl lahir : Kudus, 4 Mei 1992
Alamat : Desa Ngemplak RT 3 RW 2 Undaan Kudus
Jenis kelamin : Laki-laki
Pendidikan : SMA

Dengan segala kerendahan hati, perkenankanlah saya melamar sebagai Office Boy sesuai dengan kemampuan saya.
Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan :
1. Fotocopy ijazah terakhir
2. Fotocopy KTP
3. Pas Foto 4 x 6 (1 Lembar)
4. Riwayat Hidup

Besar harapan saya semoga dapat diterima permohonan saya, sambil menunggu panggilan, tidak lupa saya sampaikan banyak terima kasih.


Hormat saya,


HANAMICHI

download filenya di bawah ini :




Baca Selengkapnya ...

MAKALAH KELISTRIKAN (SISTEM KLAKSON)

KELISTRIKAN
(SISTEM KLAKSON)





BAB I

PENDAHULUAN



A. KATA PENGANTAR

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karuniaNya, sehingga kami dapat menyusun bahan ajar modul interaktif dan modul manual. Adapun modul manual terdiri atas bidang-bidang dan program- program keahlian kejuruan yang berkembang di dunia kerja baik instansi maupun perusahaan. Tahun Anggaran 2005 telah dibuat sebanyak 300 modul manual terdiri atas 9 (sembilan) bidang keahlian dan 32 (tiga puluh dua) program keahlian yaitu: Bisnis dan Manajemen (Administrasi Perkantoran dan Akuntansi),
Pertanian (Agroindustri pangan dan nonpangan, Budidaya Tanaman, Budidaya Ternak Ruminansia, Pengendalian Mutu), Seni Rupa dan Kriya (Kriya Kayu, Kriya Keramik, Kriya Kulit, Kriya Logam, Kriya Tekstil), Tata Busan, Teknik Bangunan (Gambar Bangunan, Teknik Konstruksi Baja dan Alumunium, Teknik Konstruksi Batu Beton, Tekni Industri Kayu), Teknik Elektronika (Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri),Teknik Listrik (Pemanfaatan Energi Listrik, Teknik Distribusi, Teknik Pembangkit Ketenagalistrikkan), Teknik Mesin (Mekanik Otomotif, Pengecoran Logam, Teknik Bodi Otomotif, Teknik Gambar Mesin, Teknik Pembentukan, Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri, Teknik Pemesinan), Teknologi Informasi dan Komunikasi (Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan), dan programNo rmat if Bahasa Indonesia.
Modul ini disusun mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Edisi 2004 dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kompetensi(Competency Based Training/CBT). Diharapkan modul-modul ini digunakan sebagai sumber belajar pokok peserta pendidikan dan pelatihan (Diklat) Kejuruan khususnya SMK dalam mencapai standar kompetensi kerja yang diharapkan dunia kerja.
Penyusunan modul dilakukan oleh para tenaga ahli kejuruan dibidangnya terdiri atas para Guru SMK, para Widyaiswara Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) lingkup Kejuruan dengan para nara sumber dari berbagai perguruan Tinggi, para praktisi Balai Latihan dan Pengembangan Teknologi (BLPT) dan unsure dunia usaha dan industri (DU/DI), dan berbagai sumber referensi yang digunakan baik dari dalam dan luar negri. Modul dilakukan melalui beberapa tahap pengerjaan termasuk validasi dan uji coba kepada para peserta Diklat/Siswa di beberapa SMK.
Sesuai perkembangan paradigma yang selalu terjadi, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah beserta para penulis dan unsure terlibat, menerima masukan-masukan konstruktif dari berbagai pihak khususnya para praktisi dunia usaha dan industri, paraakade mis, dan parapsikol ogis untuk dihasilkannya Sumber Daya Manusia (SDM) tingkat menengah yang handal. Pada kesempatan baik ini kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada berbagai pihak terutama tim penyusun modul, para nara sumber dan fasilitator, serta para editor atas dedikasi dan pengorbanan waktu, tenaga, dan pemikiran untuk dihasilkannya modul ini.
Semoga modul ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya peserta Diklat SMK atau praktisi yang sedang mengembangkan bahan ajar modul SMK.

B. RUMUSAN MASALAH

Di dalam makalah ini akan di bahas tentang salah satu dari system kelistrikan mobil yaitu Sistem klakson. Rumusan masalah yang akan kita bahas mengenai system klakson dalam makalah ini meliputi :
- Pengertian klakson
- Cara memasang relay pada klakson
- Mengapa Biunyi Klakson Mobil, Motor, Truk Berbeda?
- Tata Krama Menggunakan Klakson Pada Kendaraan
- Klakson Mobil Yang Lucu


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
>>>DOWNLOAD<<<

Baca Selengkapnya ...

MAKALAH KELISTRIKAN (SISTEM PENGAPIAN)

MAKALAH KELISTRIKAN
(SISTEM PENGAPIAN)




BAB I

PENDAHULUAN


A. KATA PENGANTAR

Puji Syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karuniaNya, sehingga kami dapat menyusun bahan ajar modul interaktif dan modul manual. Adapun modul manual terdiri atas bidang-bidang dan program- program keahlian kejuruan yang berkembang di dunia kerja baik instansi maupun perusahaan. Tahun Anggaran 2005 telah dibuat sebanyak 300 modul manual terdiri atas 9 (sembilan) bidang keahlian dan 32 (tiga puluh dua) program keahlian yaitu: Bisnis dan Manajemen (Administrasi Perkantoran dan Akuntansi),
Pertanian (Agroindustri pangan dan nonpangan, Budidaya Tanaman, Budidaya Ternak Ruminansia, Pengendalian Mutu), Seni Rupa dan Kriya (Kriya Kayu, Kriya Keramik, Kriya Kulit, Kriya Logam, Kriya Tekstil), Tata Busan, Teknik Bangunan (Gambar Bangunan, Teknik Konstruksi Baja dan Alumunium, Teknik Konstruksi Batu Beton, Tekni Industri Kayu), Teknik Elektronika (Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri),Teknik Listrik (Pemanfaatan Energi Listrik, Teknik Distribusi, Teknik Pembangkit Ketenagalistrikkan), Teknik Mesin (Mekanik Otomotif, Pengecoran Logam, Teknik Bodi Otomotif, Teknik Gambar Mesin, Teknik Pembentukan, Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri, Teknik Pemesinan), Teknologi Informasi dan Komunikasi (Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan), dan programNo rmat if Bahasa Indonesia.
Modul ini disusun mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Edisi 2004 dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kompetensi(Competency Based Training/CBT). Diharapkan modul-modul ini digunakan sebagai sumber belajar pokok peserta pendidikan dan pelatihan (Diklat) Kejuruan khususnya SMK dalam mencapai standar kompetensi kerja yang diharapkan dunia kerja.
Penyusunan modul dilakukan oleh para tenaga ahli kejuruan dibidangnya terdiri atas para Guru SMK, para Widyaiswara Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) lingkup Kejuruan dengan para nara sumber dari berbagai perguruan Tinggi, para praktisi Balai Latihan dan Pengembangan Teknologi (BLPT) dan unsure dunia usaha dan industri (DU/DI), dan berbagai sumber referensi yang digunakan baik dari dalam dan luar negri. Modul dilakukan melalui beberapa tahap pengerjaan termasuk validasi dan uji coba kepada para peserta Diklat/Siswa di beberapa SMK.
Sesuai perkembangan paradigma yang selalu terjadi, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah beserta para penulis dan unsure terlibat, menerima masukan-masukan konstruktif dari berbagai pihak khususnya para praktisi dunia usaha dan industri, paraakade mis, dan parapsikol ogis untuk dihasilkannya Sumber Daya Manusia (SDM) tingkat menengah yang handal. Pada kesempatan baik ini kami sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada berbagai pihak terutama tim penyusun modul, para nara sumber dan fasilitator, serta para editor atas dedikasi dan pengorbanan waktu, tenaga, dan pemikiran untuk dihasilkannya modul ini.
Semoga modul ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya peserta Diklat SMK atau praktisi yang sedang mengembangkan bahan ajar modul SMK.

B. RUMUSAN MASALAH

Di dalam makalah ini akan di bahas tentang salah satu dari system kelistrikan mobil yaitu Sistem pengapian. Rumusan masalah yang akan kita bahas mengenai system pengapian dalam Makalah ini meliputi :
- Pengapian Sistem Platina (Konvensional)
- Pengapian Sistem CDI (Capacitor Discharge Ignition)
- Berbagai pengendalian yang di pakai dalam system pengapian
- sistem pengapian PLATINA Vs CDI


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
>>>DOWNLOAD<<<

Baca Selengkapnya ...

ARTIKEL SISTEM PENGISIAN II

SISTEM PENGISIAN II



Sistem pengisian merupakan sistem yang berfungsi untuk menyediakan atau menghasilkan arus listrik yang nantinya dimanfaatkan oleh komponen kelistrikan pada kendaraan tersebut dan sekaligus mengisi ulang arus pada baterai, karena seperti yang kita ketahui baterai pada automobile berfungsi untuk mensuplai kebutuhan listrik dalam jumlah yang cukup besar pada bagian–bagian kelistrikan.. Akan tetapi, kapasitas baterai terbatas dan tidak mampu memberikan semua tenaga yang diperlukan secara terus menerus oleh mobil.
Sistem pengisian akan memproduksi tenaga listrik untuk mengisi baterai serta untuk memberikan arus yang dibutuhkan oleh bagian–bagian kelistrikan yang cukup selama mesin bekerja. Sistem pengisian bekerja apabila mesin dalam keadaan berputar, selama mesin hidup sistem pengisian yang akan menyuplai arus listrik bagi semua komponen kelistrikan yang ada, namun jika pemakaian arus tidak terlalu banyak dan ada kelebihan arus, maka arus akan mengisi muatan di baterai. Dengan demikian baterai akan selalu penuh muatan listriknya.

A. Prinsip Pembangkitan Tenaga Listrik

1. Induksi Elektromagnet

Induksi elektromagnet adalah apabila sebuah penghatar (2) bergerak melintas garis-garis gaya magnet, maka pada penghantar tersebut akan mengalir arus listrik, apabila dipasang sebuah galvanometer (1) dan penghantar digerakan maju-mundur diantara kutub utara dan kutub selatan magnet, maka jarum galvanometer akan bergerak.
Fenomena ini menyimpulkan bahwa, arah gerakan jarum alvanometer akan bervariasi mengikuti arah gerakan penghantar atau magnet dan besarnya gerakan jarum galvanometer akan semakin besar sebanding dengan kecepatan gerakan. Penghantar dilewatkan melalui garis gaya magnet, maka dalam penghantar akan terbangkit gaya gerak listrik. Peristiwa ini disebut dengan induksi elektromagnet dan mengubahnya menjadi tenaga listrik.



Gambar 1. Induksi Elektromagnet
(Sumber. Toyota Astra Motor, Step 2 Electrical Group 1993:2)


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
>>>DOWNLOAD<<<

Baca Selengkapnya ...

ARTIKEL SISTEM PENGISIAN

SISTEM PENGISIAN


URAIAN

Fungsi baterai pada automobile adalah untuk mensuplai kebutuhan listrik pada komponen-komponen listrik pada mobil tersebut seperti motor starter, lampu-lampu besar dan penghapus kaca. Namun demikian kapasitas baterai sangatlah terbatas, sehingga tidak akan dapat mensuplai tenaga listrik secara terus menerus.
Dengan demikian, baterai harus selalu terisi penuh agar dapat mensuplai kebutuhan listrik setiap waktu yang diperlukan oleh tiap-tiap komponen-komponen listrik.Untuk itu pada mobil diperlukan siatem pengisian yang akan memproduksi listrik agar baterai selalu terisi penuh. Sistem pengisian (charging system) akan memproduksi listrik untuk menngsi kembali baterai dan mensuplai kelistrikan ke komponen yang memerlukannya pada saat mesin dihidupkan.
Sebagian besar mobil dilengkapi dengan alternator yang menghasilkan arus bolak-balik yang lebih baik dari pada dynamo yang menghasilkan arus searah dalam hal tenaga listrik yang dihasilkan maupun daya tahannya.
Mobil yang menggunakan arus searah (direct current), arus bolak-balik yang dihasilkan oleh alternator harus disaerahkan menjadi arus searah sebelum dikeluarkan.
Baterai dengan kapasitas tertentu, tidak memungkinkan dipakai secara terus-menerus mensuplai kebutuhan listrik pada mesin atau komponen lainnya pada mobil.
Oleh karena itu, pada mobil dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengisi baterai kembali sekaligus sebagai sumber listrik yang mensuplai listrik langsung ke komponen yang membutuhkan pada saat mesin dihidupkan. Sistem ini disebut sistem pengisian.
Komporen-komponen utama sistem pengisian terdiri baterai, alternator, kunci kontak dan regulator, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini :


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
>>>DOWNLOAD<<<
Baca Selengkapnya ...

MAKALAH MADZAB-MADZAB DALAM ILMU KALAM

MADZAB-MADZAB DALAM ILMU KALAM



BAB I
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang

Sebagai salah satu ilmu keIslaman, Ilmu kalam sangat lah penting untuk di ketahui oleh seorang muslim yang mana pembahasan dalam ilmu kalam ini adalah pembahasan tentang aqidah dalam Islam yang merupakan inti dasar agama, karena persolaan aqidah Islam ini memiliki konsekwensi yang berpengarah pada keyakinan yang berkaitan dengan bagaimana seseorang harus meng interpretasikan tuhan itu sebagai sembahannya hingga terhindar dari jurang kesesatan dan dosa yang tak terampunkan (syirik).
Memang, Pembahasan pokok dalam Agama Islam adalah aqidah, namun dalam kenyataanya masalah pertama yang muncul di kalangan umat Islam bukanlah masalah teologi, melainkan persolaan di bidang politik, hal ini di dasari dengan fakta sejarah yang menunjukkan bahwa, titik awal munculnya persolan pertama ini di tandai dengan lahirnya kelompok-kelompok dari kaum muslimin yang telah terpecah yang kesemuanya itu di awAli dengan persoalan politik yang kemudian memunculkan kelompok-kelompok dengan berbagai Aliran teologi dan berbagai pendapat-pendapat yang berbeda-beda.
Dalam pembahasan Ilmu Kalam, kita dihadapkan pada barbagai macam gerakan pemikiran-pemikiran besar yang kesemuanya itu dapat dijadikan sebagai gambaran bahwa agama Islam telah hadir sebagai pelopor munculnya pemikiran-pemikiran yang hingga sekarang semuanya itu dapat kita jumpai hampir di seluruh dunia. Hal ini juga dapat dijadikan alasan bahwa Islam sebagi mana di jumpai dalam sejarah, bukanlah sesempit yang dipahami pada umumnya, karena Islam dengan bersumber pada al—Quran dan As-Sunnah dapat berhubungan dengan pertumbuhan masyarakat luas.


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
>>>DOWNLOAD<<<
Baca Selengkapnya ...

SURAT PERNYATAAN KONTRAK KERJA

RM. CYBER HANAMICHI
Jl. Kudus – Purwodadi 100 m Selatan Pasar Wates

__________________________________________________________


SURAT PERNYATAAN KONTRAK KERJA



Pada hari ................... Tanggal ........ Bulan .................... 2011

Yang Bertanda-tangan di bawah ini :

Nama : ………………………..
Alamat : ………………………..
Pekerjaan : ………………………..
Umur : ………………………..

Bertindak Secara Kerja sama/Musyawarah
Selanjutnya Dengan ini Saya menyatakan bahwa saya bersedia kerja dalam kontrak Dua bulan, apa bila saya keluar dalam waktu kurang dari jangka yang di tentukan,Saya bersedia tidak di bayar

Yang Membuat Pernyataan,



( .......................... )



Saksi-saksi
1. ...............................
2. ...............................

Yang bersangkutan



( ........................... )

download filenya di bawah ini :

>>>DOWNLOAD<<<

Baca Selengkapnya ...

MAKALAH TECHNOLOGI INFORMASI

MAKALAH TECHNOLOGI INFORMASI



BAB I
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditandai dengan kemajuan di bidang teknologi komunikasi dan informasi saat ini telah begitu pesat, sehingga menempatkan suatu bangsa pada kedudukan sejauh mana bangsa tersebut maju didasarkan atas seberapa jauh bangsa itu menguasai kedua bidang tersebut di atas. Bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa yang hidup dalam lingkungan global, maka mau tidak mau juga harus terlibat dalam maju mundurnya penguasaan Iptek, khususnya untuk kepentingan bangsa sendiri. Untuk mencapai maksud tersebut pemerintah menuangkannya dalam salah satu bentuk dari tujuan dan arah Pembangunan Nasional, yaitu Sektor/Bidang Iptek.
Arah dari penuangan sektor Iptek dalam Pembangunan Nasional adalah dimaksudkan untuk: (1) Menentukan keberhasilan membangun masyarakat maju dan mandiri, (2) Mempercepat peningkatan kecerdasan dan kemampuan bangsa, dan (3) untuk mempercepat proses pembaharuan. Sedangkan sasaran yang hendak dicapai dari upaya pengembangan teknologi informasi dan komunikasi itu di antaranya adalah untuk:
  1. Meningkatkan kesejahteraan, kemajuan peradaban, ketangguhan, dan daya saing bangsa;
  2. Memacu pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan; dan
  3. Menuju masyarakat yang berkualitas, maju, mandiri, dan sejahtera (P3TIE-BPPT, 2001:69).
Selanjutnya sasaran tersebut di atas diupayakan dapat dicapai melalui beberapa program yaitu: (1) Peningkatan kemampuan pemanfaatan, pengembangan, dan keunggulan produksi, teknologi, ilmu pengetahuan terapan, dan ilmu pengetahuan dasar secara seimbang dan terpadu, (2) Pengembangan kelembagaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dinamis, efektif, efisien, dan produktif, (3) Pembinaan sumber daya manusia, (4) Penumbuhan kreativitas dan inovasi, dan (5) Pengembangan sarana dan prasarana (P3TIE-BPPT, 2001:69).
Peradaban masa depan adalah masyarakat informasi ketika jasa informasi menjadi komoditas utama dan interaksi antar manusia sudah berbasis teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology /ICT). KTT Masyarakat Informasi yang diselenggarakan pada bulan Desember 2003 telah mencanangkan rencana penggunaan ICT sampai 50 % untuk setiap negara pada tahun 2015 (Tempo Interaktif, 2004).
Dalam rangka mewujudkan pembinaan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan daya saing yang memadai sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman, maka pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yang telah dicanangkan oleh pemerintah diharapkan dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk memberdayakan seluruh potensi yang ada pada masyarakat, yakni melalui optimalisasi pemanfaatan layanan informasi kepada masyarakat luas.
Sebagaimana diketahui, saat ini mulai tahun 2007 pemerintah telah mencanangkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat di bidang penaggulangan kemiskinan yang akan menjangkau 31,92 juta penduduk miskin di Indonesia atau sekitar 7,96 juta keluarga miskin. Program ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2007 ini (TKPKRI, 2007).
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat pada sektor penanggulangan kemiskinan di atas hanya sebagai contoh untuk dikemukakan bahwa program yang akan menelan biaya trilyunan tersebut tidak akan dapat terlaksana secara optimal jika tidak didukung oleh upaya pemanfaatan layanan informasi secara terarah dan terpadu, yakni dengan memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas teknologi informasi yang ada. Hal ini menjadi diskursus yang menarik karena realitas dalam kehidupan masyarakat kita saat ini masih menunjukkan adanya beberapa gejala yang kurang menguntungkan. Misalnya masih belum maksimalnya kesadaran informasi yang dimiliki masyarakat, sikap masyarakat terhadap teknologi yang kurang menunjang, belum meratanya dan belum meluasnya penggunaan teknologi informasi, dan penerapan budaya informasi yang belum didorong oleh pelembagaan atau kebijakan secara menyeluruh (Dahlan, 1993: 2-5).
Makalah ini mencoba untuk mengetengahkan tentang pentingnya teknologi informasi sebagai sarana layanan informasi kepada masyarakat dalam upaya mendorong tercapainya secara optimal program pemberdayaan masyarakat.


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
>>>DOWNLOAD<<<

Baca Selengkapnya ...

ARTIKEL SISTEM KELISTRIKAN BODY

SISTEM KELISTRIKAN BODY


Komponen-Komponen Pendukung Rangkaian Sistem Kelistrikan Body
  • Baterai
Baterai berfungsi sebagai sumber arus searah DC (Dirrect Current) pada sistem kelistrikan otomotif. Umumnya baterai yang digunakan sebagai sumber tenaga pada sistem kelistrikan otomotif mempunyai tegangan 12 Volt dan kapasitasnya berkisar 40–70 AH (Ampere Hour).


Gambar 9. Baterai

Baterai mempunyai 2 kutub, yaitu kutub (+) dan kutub (-). Kutub (+) diberi kode 30 dan kutub (-) atau minus diberi kode 31.

  • Kunci Kontak (Switch)
Kelistrikan otomotif pada mobil menggunakan kunci kontak (Ignition Swtch) sebagai saklar utama yang menghubungkan semua sistem kelistrikan dengan sumber tenaga (baterai).


Gambar 10. Kunci kontak

Kunci kontak mempunyai beberapa posisi, yaitu ;
Off : terputus dari sumber tegangan (baterai)
ACC : terhubung dengan arus baterai , tetapi hanya untuk kebutuhan accecoris
ON / IG : terhubung ke sistem pengapian (Ignition )
START : untuk start

mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
>>>DOWNLOAD<<<
Baca Selengkapnya ...

ARTIKEL CIRI-CIRI DAN KARAKTERISTIK PERUBAHAN SOSIAL



Ciri-ciri dan Karakteristik Perubahan Sosial


Perubahan sosial atau perubahan sosial budaya adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat. Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan.

Definisi lain dari perubahan sosial adalah segala perubahan yang terjadi dalam lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya. Tekanan pada definisi tersebut adalah pada lembaga masyarakat sebagai himpunan kelompok manusia dimana perubahan mempengaruhi struktur masyarakat lainnya. Perubahan sosial terjadi karena adanya perubahan dalam unsur-unsur yang mempertahankan keseimbangan masyarakat seperti misalnya perubahan dalam unsur geografis, biologis, ekonomis dan kebudayaan.

Apabila diperhatikan dengan seksama, setiap individu dan lingkungan tempat tinggalnya, termasuk masyarakatnya, pastilah mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi di masyarakat itu disebut perubahan sosial. Perubahan tersebut meliputi norma sosial, interaksi sosial, pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan masyarakat serta susunan kekuasaan dan wewenang.

Perubahan sosial tidak terlepas dari perubahan kebudayaan. Kecenderungan masyarakat untuk berubah dipengaruhi faktor :

  • Rasa tidak puas terhadap keadaan yang ada
  • Timbul kesadaran memperbaiki kekurangan yang ada
  • Kebutuhan kehidupan masyarakat semakin komplek
  • Menyesuaikan diri dengan situasi baru
  • Sikap terbuka terhadap unsur dari luar

Walaupun demikian ada beberapa hal dalam masyarakat yang tetap bertahan, umumnya berhubungan dengan faktor :

  • Agama dan religi yang dianut masyarakat
  • Sudah terinternalisasi karena sosialisasi sejak kecil

Perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat bisa bersifat progress, bisa pula bersifat regress.


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
>>>DOWNLOAD DI SINI !<<<
Baca Selengkapnya ...

LAPORAN BAHAN-BAHAN PENGAWET YANG DIGUNAKAN DALAM PENGOLAHAN PANGAN



BAHAN-BAHAN PENGAWET YANG DIGUNAKAN DALAM PENGOLAHAN PANGAN


Pendahuluan

Setiap hari kita menggunakan dan mengkonsumsi pangan, tapi mungkin kita tidak tahu atau tidak peduli dengan bahan yang disebut Bahan Tambahan Pangan (BTP). BTP yang paling populer adalah pengawet seperti benzoat, penguat rasa seperti Mono Sodium Glutamat (MSG), pemanis buatan seperti siklamat dan sebagainya.
Seperti halnya penggunaan bahan kimia baik senyawa organik maupun anorganik, untuk obat, makanan atau kosmetik selalu mempunyai sisi baik dan sisi buruk, tergantung pada ketepatan penggunaan dan kesesuaian takarannya dengan tujuan penggunaannya.
Prinsip dasarnya adalah bahan tambahan pangan (BTP) harus digunakan secara tepat sesuai peruntukannya dan dengan takaran yang tepat serta tidak melebihi batas maksimum yang dipersyaratkan.
Makanan penting untuk pertumbuhan dan untukmempertahankan hidup karena makanan merupakan sumber energi untuk membangun jaringan tubuh yang rusak serta memelihara pertahanan tubuh dari penyakit.
Namun terkadang pangan dapat pula menjadi media penyebaran penyakit, terutama bila yang dikonsumsi itu adalah pangan rusak.


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
>>>DOWNLOAD DI SINI !<<<
Baca Selengkapnya ...

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI KE PT. SIDO MUNCUL

LAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI KE PT. SIDO MUNCUL



KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Puji syukur kami panjatkan pada kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga kegiatan kunjungan Industri berjalan dengan lancar dan dapat diselesaikan dengan baik.
Laporan Kunjungan Industri disusun setelah penulis melakukan pengamatan di PT. SIDO MUNCUL SEMARANG
Dalam penulisan ini, penulis mengalami banyak kesulitan baik bersifat teori maupun praktik. Dalam pembuatan karya tulis ini Alhamdulillah kami dapat menyusun karya tulis ini dengan baik.
Atas tersusunnya laporan kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pembimbing yang telah membimbing dan membantu dalam penyusunan karya tulis ini, dan Bapak Kepala Sekolah, Bapak / Ibu guru serta teman-teman.
Dengan kreatifitas yang kami miliki sebagai penulis laporan ini berharap semoga laporan ini dapat memberi pengetahuan dan wawasan yang luas dalam kegiatan belajar mengajar.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Penyusun



DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL
PENGESAHAN
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Ruang Lingkup Masalah
1.3 Tujuan
1.4 Manfaat
1.5 Sistematika Penulisan

BAB II ISI LAPORAN
2.1 Sejarah PT. SIDO MUNCUL
2.2 Pembahasan PT. SIDO MUNCUL

BAB III PENUTUP
3.1 Simpulan
3.2 Saran


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
DOWNLOAD DI SINI!
Baca Selengkapnya ...

MAKALAH BALANCED AMPLIFIER DENGAN MENGGUNAKAN DRIVER OP AMP



BALANCED AMPLIFIER
DENGAN MENGGUNAKAN DRIVER OP AMP


ABSTRAK

Pada umumnya amplifier konvensional melibatkan jalur power supply (ground) yang berhubungan dengan jalur audio . Hal ini mengakibatkan pengolahan sinyal audio akan muncul IHM (Interval Hum Modulation ) noise. Oleh karena itu, untuk dapat menekan timbulnya noise seminimal mungkin, maka dibuat sebuah amplifier yang tidak bereferensi pada ground power supply . Amplifier tersebut harus benar-benar balance dari input sampai ke output. Untuk merealisasikan balance amplifier tersebut maka ditetapkan spesifikasi klas AB push-pull dengan daya rms sebesar 120 Watt dan lebar bandwidth antara 50 sampai 10kHz. Pada power amplifier digunakan sistem rangkaian complementary pairs sebagai penguat arus.
Berdasarkan hasil pengujian ternyata daya output yang keluar ke speaker hanya 110 Watt dengan tegangan supply 22 volt dan memiliki lebar bandwidth antara 30 Hz sampai 15 Hz dengan penguatan sebesar 13.5 dB. Sedangkan pengujian cacat signal juga dilakukan dengan membandingkan antara balanced power amplifier dan unbalanced power amplifier dan hasilnya balanced power amplifier memiliki IHM noise jauh lebih kecil dibandingkan unbalanced power amplifier.


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
>>>DOWNLOAD DI SINI<<<

Baca Selengkapnya ...

MAKALAH PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK DALAM KEHIDUPAN SOSIAL


PERKEMBANGAN PSIKOLOGI ANAK DALAM
KEHIDUPAN SOSIAL



A. Makna Perkembangan Sosial Anak

Syamsu Yusuf (2007) menyatakan bahwa Perkembangan sosial merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial. Perkembangan sosial dapat pula diartikan sebagao proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral dan tradisi ; meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi dan kerja sama.
Pada awal manusia dilahirkan belum bersifat sosial, dalam artian belum memiliki kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan sosial anak diperoleh dari berbagai kesempatan dan pengalaman bergaul dengan orang-orang dilingkungannya.
Kebutuhan berinteraksi dengan orang lain telah dirsakan sejak usia enam bulan, disaat itu mereka telah mampu mengenal manusia lain, terutama ibu dan anggota keluarganya. Anak mulai mampu membedakan arti senyum dan perilaku sosial lain, seperti marah (tidak senang mendengar suara keras) dan kasih sayang. Sunarto dan Hartono (1999) menyatakan bahwa :
Hubungan sosial (sosialisasi) merupakan hubungan antar manusia yang saling membutuhkan. Hubungan sosial mulai dari tingkat sederhana dan terbatas, yang didasari oleh kebutuhan yang sederhana. Semakin dewasa dan bertambah umur, kebutuhan manusia menjadi kompleks dan dengan demikian tingkat hubungan sosial juga berkembang amat kompleks.


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
>>>DOWNLOAD DI SINI<<<
Baca Selengkapnya ...

MAKALAH TINJAUAN FILSAFAT TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN


TINJAUAN FILSAFAT

TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN


I. PENDAHULUAN

Bila pendidikan kita pandang sebagai suatu proses, maka proses tersebut akan berakhir pada tercapainya tujuan akhir pendidikan. Suatu tujuan yang hendak dicapai oleh pendidikan pada hakikatnya adalah suatu perwujudan dari nilai nilai ideal yang terbentuk dalam pribadi manusia yang diinginkan.
Jika kita berbicara tentang tujuan pendidikan Islam, berarti berbicara tentang nilai nilai ideal yang bercocok Islami. Hal ini mengandung makna bahwa tujuan pendidikan Islam tidak lain adalah tujuan yang merealisasi idealitas Islami. Sedang idealitas Islami itu sendiri pada hakikatnya adalah mengandung nilai perilaku manusia yang di dasari atau di jiwai oleh iman dan taqwa kepada Allah sebagai sumber kekuasaan mutlak yang harus di taati.
Pentingnya tujuan pendidikan atau pendidikan Islam kami bahas yakni agar masyarakat khususnya peserta didik maupun terpacu untuk menjadi yang lebih baik dalam hal pendidikan. Pendidikan yang telah terencana dengan matang yang mengacu pada tujuan pendidikan, tentu yang dihasilkan akan lebih bermutu.
Nilai Islami yang seharusnya dikembangkan tumbuhkan dalam pribadi anak didik melalui proses kependidikan adalah berwatak fleksibel dan dinamis dalam konfigurasi normatif yang tak berubah sepanjang masa.


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
>>>DOWNLOAD DI SINI!<<<
Baca Selengkapnya ...

MAKALAH BIMBINGAN DAN KONSELING SOSIAL ISLAM



BIMBINGAN DAN KONSELING SOSIAL ISLAM



I. PENDAHULUAN

Sesungguhnya manusia merupakan makhluk yang tidak pernah melepaskan diri dari sesamanya. Dalam setiap detik dan detak jantung selalu membutuhkan bantuan (pertolongan) orang lain, bahkan tanpa manusia lain ia tidak dapt berkembang dengan sempurna. Keadaan yang demikian sering disebut dengan “Kehidupan Sosial”, dimana mausia harus hidup berkelompok dalam suatu sistem budaya yang lahir dan berkembang secara kontinue.
Menurut Islam, pada mulanya manusia ini berada dalam satu lingkungan yang kecil, sehingga hubungan sosial pun masih berada dalam ruang lingkup yang kecil pula, yaitu dalam keluarga Adam dan Hawa. Semakin lama semakin berkembang biaklah manusia ini dan menyebar ke berbagai penjuru dunia (di berbagai Bangsa, daerah, lingkungan, suku yang berbeda-beda).
Dari penyebaran manusia tersebut menimbulkan budaya, bahasa yang berbeda-beda. Dengan perbedaan yang ada dapat menimbulkan masalah-masalah dalam hubungan sosial. Dalam makalah ini akan lebih diperjelas tentang BKI sosial yang berfungsi mencegah/membantu menyelesaikan masalah-masalah yang timbul dari hubungan sosial.


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
>>>DOWNLOAD DI SINI<<<
Baca Selengkapnya ...

Statistik

Silahkan donasi blog ini agar tetap jalan....