MAKALAH TINJAUAN FILSAFAT TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN

Share on :


TINJAUAN FILSAFAT

TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN


I. PENDAHULUAN

Bila pendidikan kita pandang sebagai suatu proses, maka proses tersebut akan berakhir pada tercapainya tujuan akhir pendidikan. Suatu tujuan yang hendak dicapai oleh pendidikan pada hakikatnya adalah suatu perwujudan dari nilai nilai ideal yang terbentuk dalam pribadi manusia yang diinginkan.
Jika kita berbicara tentang tujuan pendidikan Islam, berarti berbicara tentang nilai nilai ideal yang bercocok Islami. Hal ini mengandung makna bahwa tujuan pendidikan Islam tidak lain adalah tujuan yang merealisasi idealitas Islami. Sedang idealitas Islami itu sendiri pada hakikatnya adalah mengandung nilai perilaku manusia yang di dasari atau di jiwai oleh iman dan taqwa kepada Allah sebagai sumber kekuasaan mutlak yang harus di taati.
Pentingnya tujuan pendidikan atau pendidikan Islam kami bahas yakni agar masyarakat khususnya peserta didik maupun terpacu untuk menjadi yang lebih baik dalam hal pendidikan. Pendidikan yang telah terencana dengan matang yang mengacu pada tujuan pendidikan, tentu yang dihasilkan akan lebih bermutu.
Nilai Islami yang seharusnya dikembangkan tumbuhkan dalam pribadi anak didik melalui proses kependidikan adalah berwatak fleksibel dan dinamis dalam konfigurasi normatif yang tak berubah sepanjang masa.


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :
>>>DOWNLOAD DI SINI!<<<

0 komentar:

Post a Comment

Statistik

Silahkan donasi blog ini agar tetap jalan....