MAKALAH "ISTIHSAN"

Share on :

ISTIHSAN




BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Ilmu Ushul Fiqih merupakan salah satu intsrumen penting yang harus dipenuhi oleh siapapun yang ingin menjalankan atau melakukan mekanisme ijtihad dan istinbath hukum dalam Islam. Itulah sebabnya tidak mengherankan jika dalam pembahasan kriteria seorang mujtahid, penguasaan akan ilmu ini dimasukkan sebagai salah satu syarat mutlaknya. Atau dengan kata lain, untuk menjaga agar proses ijtihad dan istinbath tetap berada pada koridor yang semestinya, Ushul Fiqih-lah salah satu “penjaga”nya.
Meskipun demikian, ada satu fakta yang tidak dapat dipungkiri bahwa penguasaan Ushul Fiqih tidaklah serta merta menjamin kesatuan hasil ijtihad dan istinbath para mujtahid. Disamping faktor eksternal Ushul Fiqih itu sendiri –seperti penentuan keshahihan suatu hadits
Salah satu dalil itu adalah apa yang dikenal dengan al-Istihsan (selanjutnya disebut sebagai Istihsan). Makalah ini akan menguraikan tentang hakikat al-Istihsan tersebut, bagaimana pandangan para ulama lintas madzhab tentangnya, serta beberapa hal lain yang terkait dengannya.


B. Rumusan Masalah


Dalam penulisan makalah ini penulis akan merumuskan beberapa masalah yang akan di bahas di bawah ini :

  1. Apa definisi istihsan itu ?
  2. Apa saja macam-macam istihsan itu ?
  3. Bagaimana dasar-dasar yang manjadi penguat istihsan ?
  4. Bagaiman pendapat para ulama’ tentang kehujjahan istihsan ?


mau lanjutannya??? download filenya di bawah ini :


79.50 KB


0 komentar:

Post a Comment

Statistik

Silahkan donasi blog ini agar tetap jalan....